Find Us On Social Media :

Waspadai, 4 Penyakit Serius yang Bisa Muncul Akibat Perut Buncit

Perut buncit yang berisi lemak visceral memberikan dampak menimbulkan penyakit berbahaya.

GridHEALTH.id - Memiliki perut buncit atau kegemukan ternyata berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit. Ada sejumlah dampak yang ditimbulkan dari lemak yang berlebih di dalam perut si gendut. Akibat perut buncit pun kerap menganggu aktivitas.

Perut buncit dapat diukur dari lingkar pinggang. Kalau lingkar pinggang sudah lebih dari 88 cm bagi perempuan, dan 102 cm bagi laki-laki, maka perlu berhati-hati.

Perut yang membuncit biasanya berisi lemak, yakni lemak viseral atau lemak visceral. Lemak di perut ini dapat berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit.

Lemak viseral alias lemak visceral adalah lemak aktif yang membalut organ-organ di ruang perut di dalam tubuh.

Lemak visceral secara awam sering disebut sebagai lemak perut. Karena berada di dalam rongga perut, lemak visceral akan sulit kita rasakan.

Apabila kita bisa mencubit perut yang terasa berlemak, tak serta-merta itu adalah lemak visceral. Lemak yang bisa kita sentuh dan rasakan di perut ini dinamai lemak subkutan.

Lemak visceral dapat memicu masalah kesehatan dengan cepat. Lemak ini dapat menyebabkan resistensi insulin, walau pasien tersebut sebelumnya belum pernah menderita diabetes atau prediabetes.

Baca Juga: Idealnya BAB Dilakukan Setiap Hari, Bila Sembelit Ini Waktu yang Bisa Ditolerir

Baca Juga: Studi : Covid-19 Tidak Menyebabkan Munculnya Sindrom Guillain-Barré

Studi memperkirakan, resistensi insulin tersebut disebabkan oleh protein pengikat retinol yang dilepaskan lemak viseral.