Find Us On Social Media :

Kawasaki Adalah Penyakit Peradangan Pada Anak, Gejalanya Bisa Mirip Covid-19

Gejala dari penyakit Kawasaki meliputi demam tinggi dan kulit mengelupas yang menimbulkan rasa tak nyaman pada anak.

GridHEALTH.id - Penyakit Kawasaki adalah kondisi demam akut yang disertai peradangan pada dinding arteri berukuran sedang di sepanjang tubuh.

Penyakit ini umumnya terjadi pada anak anak berusia di bawah lima tahun (balita), dan bisa berdampak pada pembuluh darah arteri koroner jantung. Arteri ini berfungsi menyuplai darah ke otot jantung.

"Singkatnya, penyakit Kawasaki adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah nadi di seluruh tubuh, termasuk arteri koroner.

Penyakit ini meliputi kulit, mulut, dan kelenjar getah bening, sehingga sering disebut sebagai sindrom nodus limfatikus mukokutaneus ( mucocutaneous lymph node syndrome),” ujar dr. Dedi Wilson, Sp.A(K) saat GridHEALTH Dialogue "Kawasaki, Penyakit Peradangan pada Anak, Gejala Mirip Covid-19" (19/02/2021).

Gejala dari penyakit Kawasaki meliputi demam tinggi dan kulit mengelupas yang menimbulkan rasa tak nyaman pada anak.

Bisa membahayakan bila tak cepat ditangani, namun kebanyakan anak yang mengalaminya dapat sembuh tanpa komplikasi yang serius.

Meski ini adalah penyakit yang sangat langka, tapi penyakit ini lebih banyak ditemui pada anak usia 2-5 tahun.

Baca Juga: Dokter Jepang Penemu Penyakit Kawasaki Wafat di Usia 95 Tahun

Baca Juga: Siklus Menstruasi Dapat Mempengaruhi Tingkat Kolesterol, Studi

“Gejala dari penyakit ini berupa demam tinggi, muncul bintik atau ruam merah pada kulit, adanya pembengkakkan pada kaki dan tangan, mata merah, serta adanya pembesaran kelenjar getah bening,” kata dr. Dedi.