Find Us On Social Media :

Penglihatan yang Baik dan Mata Sehat Bisa Diperoleh Sejak Dini

Untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan yang baik buat anaknya di antaranya rutin memeriksakan ke dokter mata.

GridHEALTH.id - Ternyata memberi makan wortel kepada anak-anak hanyalah salah satu dari sejumlah hal yang dapat dilakukan orangtua untuk memberikan penglihatan yang baik dan mata sehat seumur hidup.

Hal-hal lain termasuk pemeriksaan mata secara teratur, dan kacamata hitam atau topi untuk melindungi mata anak-anak, kata para ahli.

Sementara apa yang disebut kelainan refraksi (yaitu, kebutuhan untuk koreksi penglihatan) dan penyakit mata terkadang turun-temurun, dan beberapa penyakit mata bersifat bawaan, beberapa masalah dapat dicegah, kata Dr. Ron Weber, seorang dokter mata di Atlanta, Amerika Serikat.

Misalnya, miopia, atau rabun jauh, "Tidak hanya memiliki komponen genetik tetapi juga dipengaruhi oleh bagaimana anak-anak menggunakan mata mereka selama masa kanak-kanak," kata Weber kepada Reuters Health (28/02/2021). 

Dia mengatakan membaca jarak dekat yang dibiarkan bertahun-tahun, telah lama diduga menyebabkan rabun jauh.

Sebuah penelitian di mana orang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi lebih cenderung menderita miopia, konon karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca atau bekerja dengan komputer.

Baca Juga: Temuan Studi Terbaru, Polusi Udara Dapat Menyebabkan Kerusakan Mata

Baca Juga: Waspada, Diabetes Bisa Menyebabkan Infeksi Jamur Pada Vagina Wanita

Studi lain menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi rabun.