Find Us On Social Media :

Tidak Cukup Minum Air? Beberapa Gangguan Kesehatan Bakal Muncul

Agar berfungsi sepenuhnya tanpa mengalami dehidrasi, tubuh disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua hingga enam liter air setiap har

 

GridHEALTH.id - Semua pasti sudah mendengar bahwa tiga perempat tubuh manusia terdiri dari air. Ini sebenarnya tergantung ukuran tubuh dan berkisar antara 55% hingga 80%.

Agar berfungsi sepenuhnya tanpa mengalami dehidrasi, tubuh disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua hingga enam liter air setiap hari.

Kisaran jumlah air yang dibutuhkan per orang berbeda-beda karena faktor penyebabnya, seperti aktivitas, suhu, kelembaban dan lain-lain.

Sains terus memperdebatkan jumlah total air yang dibutuhkan per orang per hari, dan tidak ada jawaban konkret saat ini.

Badan Penelitian Nasional di A.S. merekomendasikan bahwa individu harus mengonsumsi 1 mililiter untuk setiap kalori yang mereka konsumsi, yaitu sekitar 2 liter dalam diet 2000 kalori.

Pedoman terbaru Dewan Riset Nasional AS merekomendasikan 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita yang tidak hamil dan tidak menyusui.

Baca Juga: Fakta, Minum Air Dingin Tidak Akan Membekukan Lemak di Tubuh

Baca Juga: Ingin Menjaga Berat Badan Ideal? Tambahkan Makanan Ini Setiap Sarapan

Meskipun pedoman ilmiah menawarkan rekomendasi untuk jumlah total air yang perlu dikonsumsi, mereka juga menyebutkan bahwa jumlah ini juga termasuk air yang diperoleh dari sumber makanan.