Find Us On Social Media :

Studi Terbaru, Bugar Tidak Menjamin Aman Dari Serangan Jantung

Kebugaran belum menjamin mampu mengatasi risiko kardiovaskular seperti serangan jantung. Namun tetaplah berolahraga rutin.

GridHEALTH.id - Kita semua percaya bahwa kebugaran adalah indikator kesehatan yang baik dan menjadi bugar dapat membantu kita dalam jangka panjang dari berbagai jenis penyakit, termasuk gangguan jantung.

Tetapi penelitian baru dari University of British Columbia di Kanada pada Maret 2020 menunjukkan sebaliknya. Dalam studi yang dilakukan pada lebih dari 700 atlet, tim menemukan pentingnya atlet melakukan pemeriksaan rutin untuk faktor risiko kardiovaskular mereka.

Terutama jika mereka memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau riwayat keluarga dengan penyakit kardiovaskular.

Kesimpulannya jelas, bahkan atlet terbugar pun tidak aman dari risiko penyakit kardiovaskular jika mereka memiliki tekanan darah tinggi yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Oleh sebab itu, para peneliti menemukan pentingnya para atlet dan penyuka olahraga untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk faktor risiko kardiovaskular mereka.

Barbara Morrison, penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa semua orang tahu bahwa olahraga itu baik dan dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan dan penyakit, dari kanker hingga depresi, tetapi bahkan jika seseorang benar-benar aktif, mereka tetap tidak dapat berlari lebih cepat.

Baca Juga: Studi : Depresi dan Kecemasan Lebih Rentan Dialami Mereka yang Kurang Bugar

Baca Juga: Haruskah Pasien yang Pulih Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengikuti 798 atlet berusia 35 tahun ke atas yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat setidaknya tiga kali seminggu.