Find Us On Social Media :

Anak Tanpa Saudara Kandung Memiliki Risiko Mengalami Obesitas, Studi

Anak tunggal berisiko mengalami kegemukan, sebuah studi di Turki menemukan.

GridHEALTH.id - Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di antara 3.000 anak di Ankara, Turki, menjadi anak tunggal mungkin memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi.

Studi ini diungkapkan selama konferensi tentang "Obesitas Anak" di Fakultas Kedokteran Universitas Ankara (AÜ).

Sinan İbiş, kepala Asosiasi Pariwisata Medis, mengatakan penelitian tersebut dilakukan dengan mewawancarai 3.280 anak, 130 guru dan 3.510 orangtua selama tiga tahun, periode November 2017 hingga November 20201.

Proyek ini berfokus pada evaluasi kondisi obesitas dan kebiasaan makan remaja, pada anak-anak berusia antara 11 dan 17 tahun, bersama dengan orangtua dan guru mereka.

İbiş mengatakan anak-anak menggunakan ibu dan guru mereka sebagai panutan. Studi tersebut secara menyeluruh menilai kebiasaan makan anak-anak dan keluarganya serta sejauh mana anak-anak menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Ibş mengatakan 4,6% dari anak-anak yang disurvei yang memiliki saudara kandung mengalami kelebihan berat badan sedang, sementara 4,7% dari mereka didiagnosis dengan obesitas.

Baca Juga: Pola Makan Ibu Hamil yang Tak Sehat Bisa Sebabkan Obesitas Pada Anak

Baca Juga: Ini Alasannya Mengapa Wanita Lebih Berisiko Menderita Osteoporosis

Studi tersebut lebih lanjut menunjukkan bahwa anak-anak dari wanita yang bekerja memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas.