Find Us On Social Media :

4 Tanaman Herbal Ini Bantu Turunkan Gula Darah Bagi Penyandang Diabetes

tanaman herbal yang dapat bantu turunkan gula darah penyintas diabetes

GridHEALTH.id - Diabetes bisa 'muncul' tanpa memberi tanda. Bahkan, kebanyakan orang baru mengetahuinya saat diabetes sudah mengembangkan gejala bahkan menimbulkan komplikasi berbahaya.Salah satu komplikasi diabetes yang paling sering ialah penyakit ginjal. Mengutip Mayo Clinic, sekitar 25% penyandang diabetes juga menderita penyakit ginjal.Komplikasi lain dari diabetes ialah penyakit jantung. Orang dewasa dengan diabetes memiliki 2-4 kali kemungkinan untuk alami kematian dini akibat serangan jantung ketimbang mereka yang tak alami masalah gula.

Baca Juga: 5 Gejala Diabetes Pada Perempuan, Bisa Akibatkan Infeksi Organ Intim

Untuk itu penyandang diabetes diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjaga kadar gula darah pada tubuh agar tetap normal

Jika ternyata gula darah melonjak naik, daun herbal dipercaya dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. 4 tanaman herbal yang bantu turunkan gula darah yaitu:

1. Ciplukan 

Ciplukan merupakan tanaman liar yang banyak tubuh di sawah kering, dan kebun. Asal tahu saja, ciplukan bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah dengan ketinggan maksimal 1550 di bawah permukaan tanah. 

Pohon ciplukan punya bunga dengan bentuk unik berwarna kuning. Sedangkan, buah ciplukan berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan saat masih muda.

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Obat Tradisional Volume 2 karya Thomas A.N.S., buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula. 

Zat-zat tersebut membuat ciplukan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Salah satu penyakit yang bisa diobati ciplukan adalah diabetes melitus. 

Cukup mudah untuk membuat ramuan herbal ciplukan untuk obat diabetes melitus, berikut panduannya. 

Baca Juga: Yuk Cermati Pilihan Makanan Untuk Penyandang Diabetes Agar Tetap Sehat

Bahan 

- Tanaman utuh ciplukan yang sudah berbuah 

- Air 3 gelas 

Bersihkan tanaman ciplukan dari daun sampai ke akar-akarnya. Setelah itu, layukan tanaman ciplukan yang sudah bersih. 

Bila sudah cukup layu, kita rebus tanaman ciplukan dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air. Kita minum air rebusan ciplukan satu kali sehari.