Find Us On Social Media :

Tidak Terbukti Bisa Bunuh Virus Covid-19, Jangan Salah, Kebiasaan Kumur Air Garam Punya Banyak Manfaat

Berkumur air garam tidak bisa membunuh virus covid-19, tapi masih memiliki banyak kegunaan lain.

GridHEALTH.id – Sekitar lebih dari setahun yang lalu, pandemi virus Covid-19 sedang mulai merebak di berbagai belahan dunia termasuk di tanah air.

Gelombang kepanikan pun melanda sebagian besar masyarakat yang dihantui perasaan takut dan khawatir atas penyakit yang disebabkan oleh jenis virus yang sebelumnya benar-benar asing dan belum pernah kita kenal.

Karena masih minimnya pengetahuan masyarakat saat itu tentang apa itu virus Covid-19, banyak juga kabar burung yang beredar luas di masyarakat mengenai bagaimana menghindari infeksi virus ini.

Salah satu yang sempat beredar luas di tengah masyarakat tahun lalu adalah kepercayaan bahwa berkumur air garam dapat dengan efektif membunuh virus Covid-19.

Orang-orang percaya bahwa virus covid-19 ini bersarang di tenggorokan sebelum masuk ke tubuh dan dengan berkumur dengan air garam, virus akan terangkat dari tenggorokan sehingga tidak masuk ke dalam tubuh.

Kepercayaan ini tentu saja sudah disanggah dengan tegas oleh para dokter dan ahli kesehatan.

Dilansir dari laman Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menegaskan bahwa informasi bahwa garam dapur bisa membunuh virus Covid-19 dan menyembuhkan batuk berdahak adalah hoaks.

Ia menegaskan, garam dapur tidak bisa menyembuhkan batuk berdahak apalagi membunuh virus covid-19.

Baca Juga: 5 Cara Mengurangi Asupan Garam Untuk Hindari Tekanan Darah Tinggi