Find Us On Social Media :

6 Cara Mencegah Stroke dan Faktor Risiko yang Penting Diketahui

GridHEALTH.id - Penting untuk dicatat bahwa orang-orang dari segala usia dapat mengalami stroke.

Karena jenis penyakit kardiovaskular yang berbeda ini mengurangi suplai darah dan fungsi otak, efek stroke dapat meluas dan mengakibatkan kecacatan jangka panjang (atau kematian). Tetapi dengan pengobatan yang cepat, pemulihan dari stroke adalah mungkin.

Ketika datang untuk mengenali tanda-tanda stroke, kecepatan sangat penting. Jika  tidak mengetahui gejala stroke teratas, ada deteksi dini yang disebut FAST dari American Stroke Association. Yaitu wajah terkulai, kelemahan lengan, kesulitan bicara dan saatnya menelpon bantuan.

Meskipun tidak ada jaminan yang sangat mudah untuk melawan stroke, penelitian ilmiah dengan jelas menunjukkan bahwa dua hal sangat penting: memahami faktor risiko dan mengetahui bagaimana membuat pilihan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko stroke.

FAKTOR RISIKO STROKE

Beberapa faktor risiko stroke memang tidak mudah dibentuk—gen, usia, jenis kelamin, dan ras/etnis—namun kesadaran adalah kuncinya.

Selain itu, kondisi kesehatan tertentu yang dapat dimodifikasi dan pilihan gaya hidup merupakan peluang penting untuk membantu menangkal stroke.

Baca Juga: Teh Hijau dan Kopi, Dua Minuman Wajib Bagi Survivor Gangguan Jantung dan Stroke

Baca Juga: Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Hidung Kering Penyebab Mimisan

Usia yang lebih tua (lebih dari 65 tahun) dan jenis kelamin wanita meningkatkan risiko stroke, tetapi orang dewasa dan pria yang lebih muda masih terpengaruh dan harus tetap waspada.