Find Us On Social Media :

12 Makanan Bergizi Sumber Zat Besi Terbaik Untuk Cegah Anemia

Zat besi

GridHEALTH.id - Anemia bisa jadi tanda seseorang menderita kekurangan gizi.

Sebab salah satu penyebab anemia adalah kurangnya beberapa kandungan zat gizi mikro dalam tubuh, seperti vitamin B12, zat besi, asam folat, sampai yodium.

Baca Juga: Tak Hanya Jakarta, Varian Baru Covid-19 India Sudah Masuk Kudus dan Bangkalan, Menkes: 'Protokol Kesehatan Harus Dijalankan'

Kondisi ini tentunya akan menimbulkan gejala yang merugikan seperti rasa lelah, mata berkunang-kunang, pusing, sulit berkonsentrasi, kelopak mata, bibir, dan kulit menjadi pucat.

Untuk mencegah hal tersebut, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi asupan bergizi, khususnya makanan yang mengandung zat besi.

Ada banyak makanan sumber zat besi yang bisa kita konsumsi.

Seperti dilansir dari WebMD (28/3/2021) dalam artikel "Top Foods High in Iron", berikut makanan bergizi sumber zat besi yang baik utuk mencegah anemia.

1. Daging sapi

Jika kita seorang pecinta daging, daging sapi adalah cara yang bagus untuk mendapatkan zat besi. Panggang 6 ons steak sirloin untuk hidangan yang menyajikan 3,2 gram mineral penting ini.

Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan setiap hari? Itu tergantung pada usia dan jenis kelamin. Umumnya pria membutuhkan 8 miligram (mg). Wanita harus mendapatkan 18 mg hingga usia 50, tetapi hanya 8 setelah itu. Jika kita sedang hamil, Anda membutuhkan sebanyak 27.

Baca Juga: Terdengar Sepele, Penyakit Infeksi Kutu Rambut Ancam Masa Depan Anak