Find Us On Social Media :

Gary Iskak Divonis Hepatitis C, Pahami Gejala dan Cara Mencegahnya

Gary Iskak dan istrinya, Richa Novisha . Gary menderita Hepatitis C.

GridHEALTH.id - Belum lama ini, aktor Gary Iskak keluar dari rumah sakit setelah menjalani perawatan medis karena menderita hepatitis C kronis. Ia mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.

"Iya (kurusan) Ehhm (turun) 12 kilogram yah, dari 90 kilo lah," ungkap Gary Iskak dalam jumpa pers virtual, Rabu (30/06/2021).

Untuk diketahui, hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati atau liver. Penyakit ini terjadi ketika organ tersebut mengalami peradangan akibat infeksi virus maupun hal lain, seperti efek samping obat-obatan, keracunan, konsumsi alkohol dalam jangka panjang, perlemakan hati, dan penyakit autoimun.

Hepatitis ada yang bersifat akut (sembuh dalam waktu 6 bulan), namun ada yang menetap hingga berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Hepatitis yang berlangsung selama lebih dari 6 bulan disebut hepatitis kronis.

Terkadang, gejala hepatitis pada tahap awal cenderung tidak khas atau bahkan tidak bergejala. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang menderita hepatitis, sehingga penanganan pun terlambat dilakukan.

Penyebab Hepatitis C seperti yang dialami Gary Iskak adalah infeksi virus hepatitis C (HCV). Jenis hepatitis ini dapat menular melalui kontak darah dari penderita hepatitis C.

Baca Juga: Siapa Saja yang Berisiko Terinfeksi Virus Hepatitis C? Ini Kata Dokter

Baca Juga: Pernikahan yang Tidak Bahagia Bisa Mematikan Bagi Pria, Studi

Misalnya, melalui transplantasi organ, transfusi darah, penggunaan jarum suntik, atau berbagi barang pribadi, seperti sikat gigi dan pisau cukur, dengan penderita hepatitis C.