Find Us On Social Media :

Risiko Stroke Pada Wanita Meningkat di Usia 50, Cegah dengan Cara Ini

Menerapkan pola makan sehat mencegah risiko stroke pada wanita di usia paruh baya.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru mengatakan bahwa wanita di usia 50-an memiliki kesempatan untuk mengurangi risiko terkena stroke dengan mengubah gaya hidup.

Perubahan tersebut termasuk berhenti merokok, berolahraga setiap hari, menjaga berat badan yang sehat dan membuat pilihan makanan yang sehat, demikian temuan studi baru yang diterbitkan di American Stroke Association pada Mei 2021.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih mungkin terkena stroke daripada pria yang dapat berujung pada kematian.

Ini juga menyebabkan kesehatan yang buruk dan fungsi fisik yang terbatas. Usia rata-rata di mana seorang wanita mengalami stroke pertamanya adalah 75 tahun.

Hal ini menyebabkan para peneliti berteori bahwa membuat sedikit perubahan paruh baya dapat membantu para wanita dalam mengurangi risiko stroke.

Dalam sebuah wawancara dengan IANS, penulis utama studi tersebut, Goodarz Danaei dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, AS, mengatakan sebagai berikut.

Baca Juga: Sudah Fisiknya Lebih Rentan, Ternyata Risiko Stroke Pada Wanita Dua Kali Lipat dari Pria!

Baca Juga: Layanan Telemedicine Keluarga, Permudah Konsultasi di Masa Pandemi

"Kami menemukan bahwa mengubah gaya hidup sehat, bahkan di usia 50-an, masih berpotensi mencegah wanita yang melakukan modifikasi gaya hidup di usia paruh baya mengurangi risiko jangka panjang dari stroke total hampir seperempat dan stroke iskemik, jenis stroke yang paling umum, lebih dari sepertiga."