Find Us On Social Media :

Diabetes Selama Kehamilan Berisiko Munculkan Penyakit Jantung, Studi

Diabetes pada ibu hamil yang disebut diabetes gestasional berisiko timbulkan gangguan jantung.

GridHEALTH.id - Beberapa wanita mungkin mengalami kadar gula darah tinggi selama kehamilan, suatu kondisi yang dikenal sebagai diabetes mellitus gestasional (GDM).

Ini dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi kehamilan seperti operasi sesar, kelahiran prematur dan bahkan kelahiran mati.

Diabetes selama kehamilan juga dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar dan menyebabkan berat badan lahir berlebihan.

Bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional mungkin berada pada peningkatan risiko sindrom gangguan pernapasan, gula darah rendah (hipoglikemia), obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan preeklamsia selama kehamilan dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Studi terbaru menunjukkan, jika ibu hamil memiliki atau menderita diabetes selama kehamilan, dia lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung di kemudian hari.

Baca Juga: Diabetes Gestasional, Cara Menghilangkan Risiko Ini Saat Hamil

Baca Juga: Anosmia Bisa Menjadi Penanda Covid-19 yang Diderita Bakal Ringan, Studi

Dalam studi baru, peneliti dari Kaiser Permanente di California, AS menemukan bahwa wanita dengan riwayat diabetes gestasional dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan kalsium di arteri jantung yang merupakan prediktor kuat penyakit jantung.