Find Us On Social Media :

Apa Jenis Olahraga Aman Bagi Penyandang Diabetes? Ini Jawaban Dokter

Berjalan kaki untuk hilangkan lemak.

GridHEALTH.id - T: Saya berusia 42 tahun dan menyandang diabetes selama empat tahun terakhir. Dokter saya menyarankan saya untuk melakukan beberapa olahraga setiap hari bersama dengan minum obat-obatan biasa saya. Bisakah itu membahayakan tubuh saya?

Aktivitas fisik dan olahraga direkomendasikan dan diresepkan untuk semua individu dengan diabetes sebagai bagian dari pengelolaan glikemia (gula darah) dan kesehatan secara keseluruhan.

Aktivitas fisik adalah istilah umum yang mencakup semua gerakan yang meningkatkan penggunaan energi dan merupakan bagian penting dari rencana pengelolaan diabetes.

Latihan adalah bentuk aktivitas fisik yang lebih spesifik yang terstruktur dan dirancang untuk meningkatkan kebugaran fisik.

Baik aktivitas fisik maupun olahraga sama pentingnya. Rekomendasi dan tindakan pencegahan khusus akan bervariasi menurut jenis diabetes, usia, aktivitas yang dilakukan, dan adanya komplikasi kesehatan terkait diabetes.

Rekomendasi disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap individu. Aktivitas fisik bermanfaat tidak hanya secara medis tetapi juga psikologis. Telah terbukti membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Rutin Olahraga, Tapi Hindari 6 Kesalahan Ini

Baca Juga: Edema Dapat Membuat Kita Terlihat Gemuk, Ini 3 Cara Mengurangi Cairan di Dalam Tubuh

Olahraga teratur meningkatkan keseimbangan glukosa darah, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan toleransi glukosa, meningkatkan kadar HbA1c, membantu penurunan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.