Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes Wajib Rutin Olahraga, Tapi Hindari 6 Kesalahan Ini

Jalan kaki adalah olahraga yang disarankan bagi penyandang diabetes. Pastikan sepatu yang digunakan nyaman dan aman.

GridHEALTH.id -  Menurut American Diabetes Association (ADA), olahraga dapat membantu penyandang diabetes mengelola diabetesnya.

Tetapi saat melakukan olahraga, penyandang diabetes perlu mengingat beberapa faktor agar tetap aman.

Sebabnya, ada beberapa orang mungkin mengalami hipoglikemia ketika mereka berolahraga, sementara yang lain melaporkan lonjakan glukosa darah jika mereka berolahraga pada waktu-waktu tertentu dalam sehari atau lebih lama dari biasanya.

"Tapi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda untuk berolahraga. Memastikan Anda aktif dan makan sehat akan membantu mencegah perkembangan penyakit," kata Jessica Crandall Snyder, RDN, CDE, CEO Vital RD di Englewood, Colorado.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada bulan Desember 2016 di jurnal Diabetologia menemukan bahwa risiko terkena diabetes tipe 2 berkurang 26% jika melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya selama 150 menit per minggu.

Sementara bagi yang sudah menyandang diabetes, olahraga dapat membantu mereka mengelola kadar gula darahnya pada level normal.

Baca Juga: Pasien Penyakit Jantung Lebih Berisiko Menyandang Diabetes, Studi

Baca Juga: Covid-19 dan Kerusakan Paru-paru, Segala Fakta yang Perlu Diketahui

Sebabnya, menurut ADA, berolahraga lima hari per minggu selama 30 menit setiap sesi, dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik.