Find Us On Social Media :

Sensasi Rasa Haus Menurun Pada Lansia, Ini Cara Membantunya Agar Tetap Terhidrasi

Lansia rentan terhadap dehidrasi. Kita perlu membantunya agar cukup minum.

 

GridHEALTH.id - Seiring bertambahnya usia, jumlah cairan dalam tubuh kita mulai berkurang. Ini berarti semakin sedikit cadangan air yang tersedia untuk digunakan tubuh kita seiring bertambahnya usia.

Merasa haus adalah cara tubuh memberi tahu kita membutuhkan air. Namun, karena respons rasa haus menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia, lansia mungkin tidak menyadai bahwa mereka perlu minum.

Di usia tua, fungsi ginjal menurun. Artinya lebih banyak air yang hilang melalui buang air kecil.

Lansia juga memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau minum obat. Dalam beberapa kasus, kondisi atau obat-obatan ini dapat menyebabkan peningkatan kehilangan air melalui buang air kecil.

Beberapa tanda dan gejala umum dehidrasi meliputi, termasuk yang terjadi pada lansia meliputi mulut kering, kelelahan, mata cekung, penurunan buang air kecil, urine yang warnanya lebih gelap dari biasanya, kram otot dan merasa pusing.

Gejala dehidrasi yang lebih serius memerlukan perhatian medis segera. Gejala-gejala ini termasuk detak jantung yang cepat, masalah dengan gerakan atau berjalan, kebingungan atau disorientasi, pingsan dan diare atau muntah yang berlangsung lebih dari 24 jam.

Baca Juga: Lansia Rentan Terhadap Dehidrasi, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Baca Juga: Lagi Tren Kopi Dicampur Alpukat, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jika dehidrasi tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah kemih dan ginjal, termasuk infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan bahkan gagal ginjal.