Find Us On Social Media :

Fakta, Rutin Mencuci Hidung Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh

Rutin mencuci hidung dengan nasal spray membantu menjaga kesehatan tubuh.

GridHEALTH.id - Dari sekian banyak fungsi vital yang dilakukan hidung, salah satunya adalah berfungsi sebagai garis pertahanan pertama bagi sistem pernapasan dan melindungi kita dari ancaman eksternal seperti debu, kuman, dan polutan lainnya.

Juga, saat melawan virus atau selama reaksi alergi, hidung terkadang menghasilkan lendir ekstra akibatnya, rongga sinus tersumbat.

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan pernapasan  termasuk debu, asap dari kendaraan, dll., yang berkontribusi terhadap kualitas udara yang buruk.

Oleh karena itu, perlu untuk menjaga dari faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pernapasan, dan cuci hidung saline terbukti menjadi obat yang efektif dalam mengobati berbagai kondisi hidung.

Pencucian hidung dengan saline adalah metode yang sederhana namun efektif untuk membersihkan lubang hidung dengan larutan saline isotonik.

Penelitian yang diterbitkan oleh Cambridge University Press, larutan garam isotonik ditemukan untuk meningkatkan waktu pembersihan mukosiliar secara signifikan untuk pasien dengan rinitis alergi dan sinusitis akut.

Baca Juga: Cairan Cuci Hidung yang Baik dan Direkomendasikan, Baik Untuk Jaga Kesehatan Apalagi Untuk Penderita Sinus

Baca Juga: Pasien Penyakit Jantung Lebih Berisiko Menyandang Diabetes, Studi

Juga, cuci hidung saline bertindak sebagai terapi tambahan untuk memperbaiki kondisi pernapasan dan membersihkan rongga hidung.