Find Us On Social Media :

Diabetes Tidak Dapat Disembuhkan Namun Bisa Dicegah Komplikasinya

Menjaga kadar gula darah dalam batas normal adalah salah satu cara mencegah komplikasi diabetes.

 

GridHEALTH.id - Diabetes melitus (DM) atau sering disebut kencing manis merupakan suatu keadaan tubuh mengalami gangguan dalam menyeimbangkan kadar gula.

Pada kondisi tersebut, kadar gula di dalam tubuh penyandang diabetes berada dalam kadar gula darah yang sangat tinggi yang disebut hiperglikemia. Bagaimana kadar gula darah pada penyandang diabetes dapat meningkat? Hal ini disebabkan oleh gagalnya organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin seimbang dengan jumlah kadar gula di dalam darah.

Sebab, hormon insulin adalah hormon utama yang mengendalikan gula dari darah ke dalam sebagian besar sel-sel di tubuh. Hormon insulin dapat dikatakan memiliki tugas membawa dan menyerap glukosa (gula di dalam darah) menjadi energi.

Jika sudah terkena diabetes, penyandangnya tak bisa sembuh total. Tak heran, kita sering mendengar banyak informasi yang menyampaikan cara mencegah penyakit diabetes.

Karena begitu penyakit diabetes muncul, maka penyakit diabetes menjadi permanen. Makanya jika belum sampai terjadi mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga: 7 Tanda Komplikasi Diabetes Menyerang Saraf, Di antaranya Kesemutan

Baca Juga: Anak Penyuka Buah dan Sayur Punya Kesehatan Mental Lebih Baik, Studi Meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat ditangani dan dikontrol. Artinya, penyandang bisa mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kadar normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi (penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit awal).