Find Us On Social Media :

Peregangan di Tempat Tidur Agar Bugar Menjalani Hari, Begini Caranya

Jangan buru-buru bangun dari tempat tidur. Lakukan peregangan agar tubuh terasa bugar sepanjang hari.

GridHEALTH.id - "Peregangan atau stretching sebelum bangun dari tempat tidur dapat membantu membangunkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga dapat mengaktifkan sistem parasimpatis, sistem 'istirahat dan pencernaan,  yang membuat kita dalam keadaan lebih rileks saat bangun dari tempat tidur," kata Dr. Beth Frates, ketua Institut Penelitian dan Pemulihan Stroke di Rumah Sakit Rehabilitasi Spaulding yang berafiliasi dengan Universitas Kedokteran Harvard di Amerika Serikat.

Secara teoritis, peregangan sebelum bangun dari tempat tidur juga dapat membantu mencegah jatuh. "Dengan berfokus pada kaki dan lengan, kita mungkin lebih berhati-hati dan penuh perhatian saat meletakkan kaki di tanah," imbuh Dr. Frates.

Bagaimana harus memulai? Biasanya sebelum melakukan peregangan, kita harus menghangatkan otot-otot, yang membuat darah mengalir ke mereka sehingga mereka lebih lentur.

Tetapi Dr. Frates mengatakan otot-otot sudah berada di sisi yang lebih hangat ketika kita berada di tempat tidur sepanjang malam.

Baca Juga: Ini Dia 3 Tanda Tubuh Memerlukan Peregangan Rutin Agar Selalu Bugar

Baca Juga: Mengobati Tetanus, Penting Perawatan Luka yang Teliti Agar Tak Infeksi

Yang diperlukan untuk mempersiapkan peregangan di tempat tidur adalah beberapa menit untuk melenturkan sendi sebelum melakukan peregangan.

- Saat masih berbaring, tekuk tungkai bawah. Letakkan lutut dan kaki di udara. Dengan lutut di udara, angkat dan turunkan kaki. Putar pergelangan kaki Anda dan gerakkan ke depan dan ke belakang.

- Selanjutnya, duduk di tempat tidur. Perlahan putar leher untuk melihat ke kiri lalu ke kanan.