Find Us On Social Media :

Healthy Move, 4 Latihan di Kelas Agar Anak Tetap Semangat Belajar

Healthy move sebelum memulai pelajaran di sekolah mampu tingkatkan kapasitas otak.

GridHEALTH.id - Aktivitas fisik secara teratur merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak bagi orang-orang dari segala usia.

Sebuah studi di Universitas Bath di Inggris pada 2019 yang melibatkan 120 orang menemukan bahwa berjalan cepat selama 30 hingga 40 menit sehari tiga kali seminggu membantu menumbuhkan kembali struktur otak yang terkait dengan penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Efeknya setara dengan menghentikan jam penuaan otak satu hingga dua tahun.

Ini adalah salah satu studi pertama yang dikontrol secara ilmiah yang menunjukkan kekuatan olahraga dalam meningkatkan regenerasi otak.

"Aktivitas fisik sebelum, selama, dan setelah sekolah baik untuk jantung, tubuh, dan otak Olahraga benar-benar untuk otak, bukan tubuh," kata William Ratey, ketua tim peneliti. "Ini memengaruhi suasana hati, vitalitas, kewaspadaan, dan perasaan sejahtera."

Dengan memasukkan gerakan dan aktivitas fisik ke dalam hari sekolah, orangtua dan guru dapat mendukung pembelajaran siswa dalam berbagai cara.

Ratey menganjurkan agar di sekolah, murid didorong untuk lebih banyak bergerak dengan melakukan hal-hal berikut;

Baca Juga: 5 Cara Memotivasi Si Kecil Agar Tak Malas Bergerak dan Berolahraga

Baca Juga: Pengobatan Alami Untuk Mengobati Iritasi Akibat Sindrom Mata Kering

1. Mulailah hari dengan gerakan: Guru bisa memulai hari sekolah dengan latihan seperti jumping jacks, lengan menyilang, dan peregangan.