Find Us On Social Media :

Mengatasi Kaki Bengkak Penyandang Diabetes, Coba Lakukan 5 Hal Berikut

Penyandang diabetes berisiko mengalami pembengakakan di kaki.

GridHEALTH.id - Pembangkakan atau yang disebut juga dengan edema, disebabkan oleh cairan berlebih yang terperangkap di jaringan tubuh.

Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, namun pembengkakan paling sering terjadi di kaki, lengan, dan pergelangan kaki, dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (07/10/2021).

Kaki bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti berdiri terlalu lama, mengonsumsi makanan asin, hingga kondisi medis seperti diabetes.

Baca Juga: 5 Tanda Luka Diabetes Mengalami Infeksi, Salah Satunya Bengkak

Pembengkakan kaki yang terjadi pada penyandang diabetes didukung oleh berbagai faktor, seperti obesitas (kelebihan berat badan), sirkulasi darah yang buruk, masalah jantung, insufisiensi vena, masalah ginjal, dan efek samping pengobatan.

Mengapa penyandang diabetes rentan mengalami kaki bengkak? Diabetes menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin. Padahal insulin dibutuhkan untuk menyerap gula.

Akibatnya, kadar gula darah naik karena insulin tidak berkerja dengan baik. Diabetes yang tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan aliran darah buruk.

Baca Juga: Panduan Menghitung Kalori Harian Untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Menurunkan Berat Badan