Find Us On Social Media :

Kuning Telur Ayam Antibodi Covid-19, Dapat Menetralisir Virus SARS-CoV-2, Berpotensi Jadi Vaksin Pasif

Kuning telur ayam (IgY) berpotensi menjadi vaksin pasif Covid-19.

GridHEALTH.id - Angin segar hadapi Corona di Indonesia datang dari anak-anak bangsa.

Dalam uji praklinis terhadap IgY (Kuning telur ayam) sebagai vaksin pasif Covid-19 yang dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Nuklir Terapan - Organisasi Riset Tenaga Nuklir, menyebutkan Imunoglobin York (IgY) atau antibodi yang diambil tim peneliti di Universitas Padjadjaran dari kuning telur ayam berpotensi menjadi vaksin pasif Covid-19.

Baca Juga: Waspadai Demam Berdarah Crimean-Congo, Begini Cara Penularannya

Pihak yang pada penelitian tersebut Pusat Riset dan Teknologi Nuklir Terapan - Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN (dulu Batan), Unpad, dan Tekad Mandiri Citra (TMC).

Dalam penelitian tersebut, "Ddapatkan IgY sebagai antibodi itu ada di trakea (organ sistem pernafasan), virus Covid-19 sendiri banyak menyerang di trakea," kata Peneliti PRTNT, Hendris Wongso di Bandung, Rabu (3/11), dikutip dari SuaraMerdeka (3/11/2021).Itu artinya, katanya, bahwa IgY secara positif mampu terakumulasi pada organ-organ vital yang menjadi tempat penempelan virus SARS-CoV-2, sehingga diharapkan IgY dapat menetralisasi virus ketika terjadi infeksi. Karena itu, jelasnya, IgY sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi vaksin pasif Covid-19.

Baca Juga: Catat, Ini 15 Khasiat Obat Alami Daun Jambu Biji Ketika Dijadikan Teh