Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Melemah Setelah 3 Bulan, 2 Kali Suntikan Hasilkan Sedikit Antibodi Penangkal Varian Omicron

Vaksinasi Covid-19 di masa pandemi butuh booster, alias 3 kali suntikan untuk saan ini.

GridHEALTH.id - Sudah tahu kah jika imunitas alamiah didapat dari 2 jalan atau cara, yakni imunitas alamiah aktif yakni antibodi timbul setelah terjadi infeksi, dan imunitas alamiah pasif yang berasal dari ibu ke janin melalui plasenta.

Contohnya orang yang baru sembuh dari Covid-19 maka orang tersebut memiliki antibodi Covid-19 dari 3-8 bulan, dan bisa mengalami penurunan antibodi lagi sehingga harus mendapat vaksinasi lagi

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Sebabkan Penyandang Diabetes Sakit Perut, Ini Yang Harus diperhatikan

Ada juga imunitas didapat dari antibodi yang terbentuk setelah pemberian vaksin. Antibodi akan terbentuk selama 2 Minggu tergantung imun sistemnya untuk membantu pembentukan antibodi.

Menurut Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI mengatakan, orang yang telah divaksin dengan jangka waktu 3-8 bulan maka harus divaksin kembali karena antibodi covid di dalam tubuhnya sudah mulai menurun.

"Sebetulnya 2 bulan juga sudah boleh divaksin lagi tapi kita sepakat bahwa jangka waktunya 3 bulan. Karena kita memberi kesempatan kepada orang yang belum divaksinasi dan memberi kesempatan herd immunity merata dulu," kata Iris dalam webinar Keamanan & Efektivitas Vaksin Covid-19 dengan Adanya Varian Baru, Sabtu (17/7), dikutip dari MediaIndoensia (17/7/2021).

Baca Juga: Pengobatan Usus Buntu Lewat Operasi, Cara Paling Efektif Mencegah Infeksi

Efikasi Sinovac Berkurang