Find Us On Social Media :

Ucapkan Selamat Tinggal Payudara dan Perut Kendur Pasca Persalinan!

Gunakan bra yang nyaman saat menyusui agar payudara juga tidak melorot.

GridHEALTH.id - Tidak dapat dipungkiri kebahagiaan setelah persalinan lancar dan bayi sehat menjadi hal yang tidak dapat ditukar dengan apapun.

Namun, di sisi lain, ada banyak terjadi perubahan dalam hidup kita. Dua perubahan terbesar yang akan terjadi pada tubuh wanita, saat hamil dan setelah melahirkan tentu saja pada payudara dan perut.

Perut membesar karena memberi ruang bagi janin untuk tumbuh menjadi bayi yang sehat saat dilahirkan.

Begitu juga pada payudara, mereka bersiap untuk memberi makan bayi dan sejak trimester pertama, kita akan melihat ukuran payudara  meningkat dengan cepat.

Setelah melahirkan, perut secara bertahap akan mulai kembali ke ukuran normal. Ketika itu terjadi, perut akan mengecil dan mungkin tidak merata, meninggalkan beberapa kulit yang kendur dan perut yang sedikit membuncit. Juga, jangan lupakan stretch mark.

Selain itu, payudara juga akan mengalami banyak perubahan. Sudah naik beberapa ukuran, setelah melahirkan, saluran susu  akan penuh, menambah ukuran.

Saat mulai menyusui, saluran susu akan terus mengosongkan diri dan mengisi ulang, memberi banyak tekanan pada ligamen dan jaringan.

Hal ini dapat menyebabkan mereka melorot. Lantas, bagaimana caranya agar kulit  tidak terasa 'kendur' setelah melahirkan? Berikut adalah beberapa tips agar perut dan payudara kembali kencang setelah melahirkan;

• Pilih ukuran bra yang tepat: Jika berencana untuk memakai bra sebelum hamil, ingatlah, kita memiliki ukuran yang berbeda sekarang dan membutuhkan ukuran yang berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar dari Kanker

 Baca Juga: Vaksin Booster Secara Signifikan Meningkatkan Antibodi Terhadap Omicron, kata AstraZeneca

Namun, begitu berhenti menyusui, ukuran payudara akan berubah lagi. Ini mungkin sedikit mengesalkan karena berarti kita harus membeli bra yang baru.