Find Us On Social Media :

Pengobatan Saraf Kejepit Kini Minim Nyeri Dengan Metode Dekompresi

Saraf kejepit harus mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satunya dengan metode dekompresi.

GridHEALTH.id - Saraf kejepit tulang belakang dapat mengganggu berbagai aktivitas penderitanya.

Hal ini dikarenakan saraf kejepit dapat memicu kesemutan, gangguan fungsi buang air kecil dan buang air besar, bahkan kelumpuhan bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Saraf kejepit atau herniasi nukleus pulposus (HNP) bisa terjadi akibat beberapa faktor.

Mulai dari cedera/jatuh (kecelakaan kendaraan atau olahraga), proses penuaan, kelainan struktur tulang belakang (seperti skoliosis, stenosis spinal), keropos tulang belakang (osteoporosis), adanya tumor, infeksi (misalnya tuberculosis) dan lainnya.

Kondisi tersebut dapat membuat diskus intervertebralis atau bantalan di ruas tulang belakang yang bekerja sebagai ‘shock absorber’ (penyerap/peredam kejut atau tekanan) menonjol (bulging) atau herniasi.

Dampaknya akan muncul nyeri pinggang (LBP) yang disertai dengan kesemutan, kebas/baal bergantung pada segmen mana yang mengalami jepitan.

Sementara itu untuk pengobatan saraf kejepit, dahulu operasi bedah terbuka bisa dilakukan jika prosedur pengobatan ini dilakukan atau menjadi opsi bila perawatan medis lainnya tidak membuahkan hasil atau memasuki stadium berat.

Operasi bedah konvensional tersebut diketahui dapat mengakibatkan nyeri pada tulang belakang pasien yang menjalaninya.

“Dulu operasi bedah terbuka pada tulang belakang merupakan prosedur pengobatan atau penanganan untuk membantu mengatasi beragam masalah yang mengakibatkan nyeri pada tulang belakang,” papar Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP dalam acara virtual yang diselenggarakan RS Bunda Jakarta, Kamis (27/1/2022), yang dihadiri GridHEALTH.id, dengan tema Metode Dekomperasi Saraf Terjepit Tulang Belakang Generasi Terkini.

Baca Juga: Penanganan Saraf Kejepit yang Baik dan Benar Serta Pencegahannya

Namun dengan perkembangan tekonologi, saat ini pasien  bisa melakukan prosedur pengobatan saraf kejepit minim nyeri dengan Metode Dekompresi yang berbasis spine endoscopy (endoskopi tulang belakang).

Teknologi Minimally Invasive Spine Surgery (MISS)