Find Us On Social Media :

Pasukan Angkatan Laut AS Selalu Mandi Air Dingin Kapanpun dan Dimanapun, Ternyata Ini Manfaatnya

Mandi air dingin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

GridHEALTH.id - Mandi air panas rupanya kurang dikenal dalam pasukan angkatan laut AS yang terkenal tangguh, yaitu Navy SEAL.

Mantan anggota Navy SEAL, Clint Emerson, menjelaskan mengapa mandi dengan air dingin itu lebih menyehatkan.

Tak perlu diragukan lagi, air dingin akan membangunkan kita, dan itu akan membuat kita terjaga seketika, demikian menurut penulis buku 100 Deadly Skills: The SEAL Operative's Guide to Eluding Pursuers, Evading Capture, and Surviving Any Dangerous Situation (Atria Book, New York-2026) ini.

Dalam pelatihan angkatan laut AS, pasukan menghabiskan banyak waktu di dalam air dingin. Dan sebenarnya, ada penjelasan ilmiah untuk kegiatan menempatkan orang dalam air dingin.

Bagi anggota pasukan dan para atlet profesional, mandi air dingin setelah latihan sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan pemulihan.

Karena guyuran air dingin menyempitkan pembuluh darah seluruh tubuh, mengeluarkan semua asam laktat sehingga kita merasa segar, dan siap untuk pelatihan pada hari berikutnya.

Meskipun 'menyiksa', terutama di saat cuaca dingin, mandi air dingin diyakini membuat kita tetap sehat.

Karena  menjaga sendi-sendi dan mengurangi peradangan, menyempitkan semua pembuluh darah, dan memungkinkan kita untuk terus beraktivitas tanpa mengalami cedera lagi.

Dikutip dari buku Emerson, inilah manfaat mandi air dingin bagi kesehatan;

Baca Juga: Musim Pancaroba, Justru Ini Keuntungannya Mandi dengan Air Dingin

Baca Juga: Healthy Move, Punya Sakit Punggung Boleh Olahraga Lari? Ini Tips dari Dokter

1. Meningkatkan kekebalan tubuh