Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ini 3 Manfaat Latihan Olahraga dengan Mesin Dayung

Olahraga di rumah dengan mesin dayung memberi banyak manfaat.

GridHEALTH.id - Selama masa pandemi, banyak orang melakukan olahraga di rumah. Ada banyak pilihan mesin olahraga yang dapat digunakan, mulai eclipse, sepeda stationer, hingga treadmill.

Tetapi jika ingin mendapatkan latihan kardio yang baik pada mesin stasioner yang akan mendorong detak jantung, menggunakan beberapa kelompok otot, dan melibatkan otak pertimbangkan mesin dayung atau rowing machine.

Gerakan menarik dan mendorong pada mesin ini melibatkan otot-otot besar di punggung, rantai posterior, dan bahkan lengan sehingga memberikan manfaat olahraga yang luar biasa.

Ada lebih dari satu alasan mengapa mesin dayung muncul di semua jenis protokol kebugaran, dari pemanasan dasar hingga memainkan peran integral dalam beberapa latihan terberat CrossFit.

“Mendayung dalam ruangan adalah pilihan berdampak rendah yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan daya tahan otot,” kata Hollis Tuttle, Instruktur Utama CITYROW Go di New York City.

“Karena ini adalah olahraga berdampak rendah, mendayung mengurangi risiko kerusakan pada sendi yang menahan beban, seperti pinggul, pergelangan kaki, dan lutut, yang cenderung rentan terhadap cedera dan nyeri saat melakukan olahraga berdampak tinggi dan bersepeda.”

Hollis menambahkan bahwa mendayung adalah latihan yang layak untuk semua kemampuan, usia, ukuran, dan tingkat kebugaran.

“Karena mendayung meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular Anda, Anda mendapatkan dua untuk satu,” catat Tuttle.

Berikut adalah empat manfaat hebat yang bisa kita dapatkan dari menambahkan latihan mesin dayung ke rutinitas kita.

Baca Juga: Healthy Move, 4 Jenis Latihan dan Kebugaran Aman Untuk Lansia

Baca Juga: Jalani Gaya Hidup Sehat Penting Bagi Kesuburan Wanita, Ini Alasannya

1. Mendapatkan sekaligus pemanasan yang baik