Find Us On Social Media :

Mengenal Beragam Jenis Minyak Goreng, Ada yang Berbahaya Untuk Jantung

Minyak kelapa sawit adalah minyak terburuk karena kandungan lemak jenuhnya tinggi.

GridHEALTH.id - Siapa yang masih menggunakan minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit? Sebaiknya segera ganti karena minyak kelapa sawit dinobatkan sebagai minyak terburuk karena menyebabkan kadar kolesterol naik.

Kadar kolesterol tinggi menghasilkan timbunan lemak di tubuh yang dapat menghambat aliran darah di pembuluh darah.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), arteri yang tersumbat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak terburuk untuk kadar kolesterol kita karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi.

Minyak kelapa sawit mengandung kadar kolesterol LDL yang meningkat secara signifikan bila dibandingkan dengan minyak nabati lemak jenuh yang lebih rendah, menurut penelitian tersebut.

Penelitian telah menemukan bahwa lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit, minyak kelapa, daging merah, mentega, dan sebagian besar es krim, merusak kesehatan secara keseluruhan dan harus dikonsumsi dalam jumlah minimum.

Oleh sebab itu, gantilah dengan minyak yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa pilihannya, dikutip dari American Heart Association;

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin mengandung antioksidan dan beberapa vitamin E dan K. Antioksidan adalah bahan aktif dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Baca Juga: Lemah Menghadapi Gorengan? Gunakan Minyak Paling Sehat Ini Untuk Menggoreng

Baca Juga: Bisul Jangan Dikopek Karena Ini Risiko Berbahaya yang Menanti

Penggunaan minyak zaitun dalam diet kita dapat membantu melindungi kadar kolesterol darah  dan mengurangi risiko penyakit jantung.