Find Us On Social Media :

Gaya Hidup Rajin Puasa Ternyata Bisa Menyembuhkan Beberapa Penyakit, Ini Faktanya

Puasa dapat membantu kita menyembuhkan penyakit.

GridHEALTH.id – Banyak riset dan studi yang telah membuktikan bahwa manfaat puasa salah satunya adalah cara yang aman dan efektif untuk memaksimalkan kapasitas penyembuhan diri tubuh.

Definisi puasa adalah berpantang total dari semua zat kecuali air murni, dalam lingkungan istirahat total.

Dalam dunia pengobatan holistik, puasa adalah salah satu bagian dari program pendukung kesehatan total yang  disebut pembersihan alami.

Puasa, sedikitnya lima hari hingga 40 hari, seringkali akan secara dramatis mempersingkat waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan transisi dari pola makan dan gaya hidup tidak sehat (dengan semua kecanduan, rasa sakit, kelelahan, dan penyakit yang terkait) ke keadaan mandiri dan energik yang terkait dengan hidup sehat.

Tetapi beberapa orang yang belum pernah puasa, transisi ke pola makan sehat ini bisa menimbulkan gejala seperti kelelahan, mual, muntah, diare, sakit perut dan kembung, nyeri sendi, sakit kepala, ruam kulit, lekas marah, depresi, dll .

Namun, ini adalah reaksi wajar dan alami ketika tubuh berusaha untuk menghilangkan racun, metabolisme produk sampingan, dll., dan menyesuaikan secara fisiologis dengan pola makan sehat.

Ketika mereka menyadari manfaat puasa, di luar kewajiban agama, mereka melihat  potensi kesehatan bila rajin menjalankannya.

Mereka kemungkinan besar menjadi kandidat untuk komitmen seumur hidup untuk hidup sehat dengan menjalankan rutin puasa.

Kecanduan obat-obatan seperti alkohol, kokain, nikotin, dan kafein adalah contoh di mana puasa dapat secara dramatis mengurangi gejala putus obat yang sering berlarut-larut yang mencegah banyak orang menjadi bebas narkoba.

Baca Juga: Tren Puasa Intermiten Sukses Menurunkan Berat Badan, Tapi Lemak Perut Tetap Bercokol, Ini Penjelasan Ahli

Baca Juga: Penyandang Diabetes Menolak Terapi Insulin, Ini Risiko yang Muncul

Kebanyakan orang terkejut melihat betapa mudahnya berhenti merokok atau minum dengan bantuan puasa.