Find Us On Social Media :

'Tetap ramping dan tetap aktif', Kata Kunci Melawan Diabetes Tipe 2

Menjaga berat badan ideal agar tetap ramping bisa mencegah diabetes tipe 2.

GridHEALTH.id - Banyak pakar kesehatan menyebutkan agar diabetes tipe 2 sebaiknya disebut sebagai pandemi karena ini 'menular; karena ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Betapa tidak, penyakit yang sulit ini menyerang jumlah orang dewasa yang terus bertambah, dan dengan meningkatnya tingkat obesitas pada masa kanak-kanak, penyakit ini menjadi lebih umum di masa muda, terutama di antara kelompok etnis tertentu.

Kabar baiknya adalah bahwa pradiabetes dan diabetes tipe 2 sebagian besar dapat dicegah. Sekitar 9 dari 10 kasus di AS dapat dihindari dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Perubahan yang sama ini juga dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kunci pencegahan dapat diringkas menjadi lima kata: Tetap ramping dan tetap aktif.

Bagaimana jika sudah menderita diabetes? Pedoman untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 juga sesuai jika saat ini memiliki diagnosis diabetes.

Mencapai berat badan yang sehat, makan diet seimbang yang dikontrol karbohidrat, dan berolahraga secara teratur semuanya membantu meningkatkan kontrol glukosa darah.

Jika mengonsumsi obat insulin, kita mungkin memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit karbohidrat saat makan atau camilan untuk memastikan kisaran glukosa darah yang sehat.

Mungkin juga ada kebutuhan diet khusus untuk berolahraga, seperti membawa makanan ringan agar glukosa darah tidak turun terlalu rendah yang bisa menyebabkan hipoglikemia.

Dikutip dari Diabetes Self Management, berikut langkah-langkah sederhana menurunkan risiko diabetes tipe 2:

Baca Juga: 10 Pertanyaan Diabetes Pada Anak yang Sering Ditanyakan Orangtua

Baca Juga: Minum Atau Tidak Minum? Saat Lalat atau Nyamuk Masuk ke Dalam Minuman

1. Kendalikan berat badan