Find Us On Social Media :

Seks di Usia Lansia, 5 Hal yang Perlu Diketahui Agar Tetap Harmonis

Seks di usia lansia tetap bisa dijalankan untuk menjaga keharmonisan.

GridHEALTH.id - Seks adalah bagian penting dari kehidupan, tetapi cara kita berhubungan seks dan seberapa sering kita melakukannya dapat banyak berubah seiring bertambahnya usia.

Semakin tua, orang semakin enggan membicarakannya. Padahal seks di usia lansia masih memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Untuk lebih yakin, berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui dan diwaspadai dalam kehidupan seks seiring bertambahnya usia.

1. Seks baik untuk kesehatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa kehidupan seks yang sehat baik untuk jantung, tekanan darah, dan tingkat stres.  Bahkan mungkin membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

NHS mengatakan apa pun yang melatih jantung baik untuk kita. Detak jantung saat orgasme rata-rata sama dengan detak jantung saat berolahraga ringan, seperti berjalan ke lantai atas. Jadi itu adalah bagian besar dari menjaga tingkat aktivitas yang sehat.

Tekanan darah diturunkan dengan kontak fisik, seperti berpegangan tangan dan pelukan panjang (dan, tentu saja, seks).

Sementara itu, dalam sebuah penelitian terhadap 46 orang, mereka yang berhubungan seks dapat mengatasi situasi stres seperti berbicara di depan umum dengan lebih baik.

Dan terakhir, satu penelitian menemukan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat imunoglobin yang lebih tinggi, yang merupakan zat yang membantu kita melawan penyakit. Banyak alasan untuk menjaga kehidupan seks yang sehat.

Baca Juga: Seks di Usia Lansia, Beberapa Masalah yang Bisa Jadi Penghalang Bermesraan

Baca Juga: Hilangnya Nafsu Makan dan Demam Pada Lansia Bisa Berarti DBD

2. Infeksi menular seksual pada lansia meningkat