Find Us On Social Media :

Hati-hati, Makanan Beku Ternyata Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Gorengan yang bersifat frozen food atau makanan beku bisa sebabkan kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Kolesterol, yang merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah, penting untuk membantu membangun sel-sel dalam tubuh.

Tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, bisa ada konsekuensi yang mengancam jiwa, terutama bagi orang dewasa di atas 50 tahun.

Ini bukan hanya menjadi perhatian orang dewasa dan lansia. Menurut CDC, 7% anak-anak dan remaja antara usia 6 dan 19 tahun juga berjuang melawan kolesterol tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, dua penyebab utama kematian di negara-negara maju.

Banyak penyebab kolesterol tinggi, yaitu dari makanan tinggi lemak, karbohidrat tinggi, dan kebiasaan malas gerak.

Tetapi belum banyak yang tahu bahwa makanan beku (frozen food) yang praktis juga bisa menjadi penyebab munculnya kolesterol tinggi. Berikut adalah contohnya;

1. Pizza beku

"Pizza beku dianggap sebagai makanan ultra-olahan. Asupan makanan ultra-olahan terkait dengan peningkatan kadar LDL, atau kolesterol jahat, dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi," kata Lindsey DeSoto, RD dan pemilik The Dietitian.

"Selain itu, sebagian besar topping pada pizza beku adalah daging olahan seperti pepperoni. Daging olahan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi."

Itu tidak berarti  kita tidak akan pernah bisa makan pizza. DeSoto merekomendasikan membuat pizza buatan sendiri dengan "bahan-bahan alami berkualitas tinggi" dan menghindari topping daging olahan tinggi.

Baca Juga: Sepakat, Tiga Lembaga Dunia Sebut Tak Ada Jejak Virus Corona Pada Makanan Kemasan, Konsumen Tak Perlu Khawatir

Baca Juga: Agar Tak Menggangu Tidur, Jam Berapa Sebaiknya Berhenti Minum Kopi? Riset Ini Membuktikan

2. Hindangan beku