Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Kurma, Buah-buahan Ini Juga Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Semangka terkenal dengan kandungan airnya sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

GridHEALTH.id - Segelas teh manis atau segelas susu dan kurma sering dianjurkan sebagai makanan pembuka puasa sebelum salat magrib, dilanjutkan makan besar.

Kurma adalah sumber energi dan serat. Tetapi porsi yang masuk akal adalah 2atau 3 butir kurma. Lebih dari itu akan terjadi peningkatan gula darah yang sangat tajam.

Selain kurma, sebenarnya ada buah-buahan lain yang baik dikonsumsi saat buka puasa. Untuk diketahui, tubuh mengalami perubahan saat puasa, termasuk fungsi enzim.

Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan perlahan berkurang. Maka itu, kita disarankan konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan saat buka puasa, salah satunya buah.

Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang.

Ini karena buah-buahan merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral dan berbagai zat gizi lainnya.Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar. Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa kita tetap menyehatkan.Di antara banyaknya jenis buah-buahan, selain kurma, di bawah ini beberapa yang terbaik untuk buka puasa. 1. Semangka

Baca Juga: Nabi Muhammad SAW Tidak Pernah Mengeluarkan Sunnah Berbuka dengan Makanan Manis , Justru Ini Anjurannya

Baca Juga: 1 dari 3 Orang Dewasa Punya Kolesterol Tinggi Tanpa Disadari, Ini Gejala Dini Untuk Mengenalinya

 Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Kita akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit. 2. AnggurBuah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit. 3. Apel Buah apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh Anda, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat. 4. Jeruk Sebagian besar kandungan jeruk yaitu karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meski tinggi kandungan gula, buah jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penyandang diabetes.5. Pisang Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi buah pisang saat buka puasa bisa membantu memulihkan energi dan keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah akibat kurangnya asupan makanan selama berpuasa.

Baca Juga: Dokter Ini Anjurkan Zinc Untuk Perkuat Imunitas Hadapi Virus Corona

Baca Juga: Diabetes Yang Tidak Terkontrol Dapat Menyebabkan Komplikasi Kesehatan

 6. Blewah Kita mungkin sering menemukan blewah dalam es buah sebagai makanan berbuka puasa. Buah blewah tidak hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk buka puasa karena kaya akan mineral serta gula yang bisa mengembalikan energi kita. 7. Belimbing Belimbing tidak hanya kaya vitamin dan mineral, tapi juga antioksidan quercetin, asam galat, dan epikatekin.