Find Us On Social Media :

Healthy Move, Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Mengatasi Insomnia

Rutin olahraga jalan kaki dapat membantu mengatasi insomnia.

GridHEALTH.id -Banyak orang dewasa mengalami  insomnia kronis, yang didefinisikan sebagai kesulitan untuk jatuh atau tetap tertidur, bangun terlalu dini, atau mengalami tidur gelisah beberapa kali dalam seminggu.

Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dalam empat minggu, individu dengan insomnia kronis yang memulai olahraga teratur dapat tertidur hingga 13 menit lebih cepat dan tetap tertidur 18 menit lebih lama.

Faktanya, penulis penelitian menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dengan obat hipnotis dalam meredakan insomnia. Para peneliti memiliki beberapa teori mengapa hal ini bisa terjadi.

Gambarannya begini, olahraga menyebabkan perubahan suhu tubuh inti. Selama berolahraga, tubuhmeningkatkan suhunya, dan setelah itu suhu tubuh.

Penurunan suhu itu meniru perubahan suhu serupa yang terjadi sebelum  tertidur, ketika tubuh mendingin pada jam 4 sore sebagai persiapan untuk istirahat. Kesamaan antara perubahan ini mungkin memberi sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Secara khusus, latihan aerobik sedang dapat meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur nyenyak.

Tidur nyenyak adalah tahap di mana tubuh memulihkan dan mengisi kembali dirinya sendiri, menyembuhkan otot dan jaringan untuk mempersiapkan lebih banyak latihan.

Sebaliknya, kurang olahraga dikaitkan dengan insomnia. Seiring dengan faktor-faktor seperti kesehatan yang buruk, stres, usia tua, dan pengangguran, kurangnya olahraga teratur merupakan prediktor insomnia.

Masalahnya, ketika orang menderita insomnia, akan lebih sulit untuk aktif secara fisik karena tingkat kelelahan dan kantuk di siang hari yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tidur nyenyak! Tips Melawan Insomnia Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: Bukan Cuma Kurma, Buah-buahan Ini Juga Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Untuk membuat olahraga bermanfaat bagi kualitas tidur, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dan terlalu siang bisa membuat kita terjaga di malam hari.