Find Us On Social Media :

Kebanyakan Obat Kolesterol Dikonsumsi Malam Hari, Ini Alasannya

Obat kolesterol kebanyakan dikonsumsi malam hari.

GridHEALTH.id - Statin adalah obat yang paling banyak diresepkan untuk membantu menurunkan kolesterol. Mereka secara khusus menargetkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Jenis lemak yang burukKetika kita memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, lemak ini dapat menumpuk di dinding arteri. Hal ini dapat menyebabkan penurunan aliran darah. Kolesterol LDL yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner.Statin bekerja dalam dua cara:

- Menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolesterol.

- Membantu mengurangi plak yang menumpuk di arteri. Plak ini terdiri dari kolesterol.

Dengan cara kerjanya ini, statin dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Berbagai statin tersedia dalam nama merek dan bentuk generik. Beberapa statin yang umum adalah simvastatin (Zocor), lovastatin (Altoprev, Mevacor), fluvastatin (Lescol XL),   atorvastatin (Lipitor), pitavastatin (Livalo), pravastatin (Pravachol) dan rosuvastatin (Crestor)Kebanyakan statin harus diminum setiap 24 jam sekali. Bergantung pada obat dan dosis tertentu, kita mungkin perlu mengonsumsi statin dua kali sehari.Statin tertentu bekerja lebih baik bila dikonsumsi dengan makanan. Yang lain bekerja paling baik ketika diminum malam hari. Ini karena enzim pembuat kolesterol lebih aktif di malam hari.

Baca Juga: Golongan Obat Statin Paling Banyak Diresepkan Untuk Pasien dengan Kolesterol Tinggi, Simak Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Baca Juga: Healthy Move, 3 Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Lemak di Punggung

Juga, waktu paruh, atau jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setengah dosis untuk meninggalkan tubuh ada pada beberapa statin pendek.

Ada juga statin yang harus dikonsumsi di malam hari. Karena beberapa statin memiliki waktu paruh kurang dari enam jam, statin ini paling baik dikonsumsi pada malam hari.Simvastatin adalah contoh statin yang bekerja lebih baik jika diminum di malam hari. Studi menunjukkan bahwa ketika simvastatin diminum di malam hari, ada penurunan kolesterol LDL yang lebih besar daripada saat diminum di pagi hari.Lovastatin harus diminum dengan makan malam. Namun, versi pelepasan lovastatin yang diperpanjang, Altoprev, harus dikonsumsi sebelum tidur.Fluvastatin memiliki waktu paruh sekitar tiga jam, jadi sebaiknya juga diminum pada malam hari.

Studi menunjukkan bahwa beberapa statin yang lebih baru bisa sama efektifnya jika dikonsumsi di pagi hari.

Inhibitor reductase HMG-CoA seperti atorvastatin dan rosuvastatin lebih potensial daripada statin yang lebih tua. Mereka memiliki waktu paruh setidaknya 14 jam.Fluvastatin pelepasan diperpanjang, atau Lescol XL, dapat dikonsumsi kapan saja.

Apa yang perlu diketahui tentang mengonsumsi statin? Hal terpenting yang perlu diketahui adalah bahwa statin tidak semuanya sama.