Find Us On Social Media :

Menu Lebaran yang Sehat Bagi Penderita Hipertensi dan Pasien Stroke

Penderita hipertensi dan pasien stroke wajib mengurangi gorengan saat menikmati hidangan lebaran.

GridHEALTH.id - Perubahan pola makan ketika berpuasa dan pada saat Lebaran dapat memicu terjadinya lonjakan tekanan darah.

Apalagi, untuk mereka yang tidak dapat menghindari makanan tinggi garam dan berlemak. Hal ini pula yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang menderita serangan jantung dan stroke pascalebaran.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi tekanan di pembuluh darah saat darah mengalir ke seluruh tubuh melampaui batas aman, yakni di atas 140/90 mmHg.

Sebagian kecil hipertensi disebabkan oleh gangguan pada organ yang bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh, seperti gagal ginjal kronis, adanya tumor kelenjar adrenal, atau gangguan pembuluh darah besar (coarctasio aorta).

Hipertensi sangat sering tanpa gejala, sehingga untuk mengetahui seseorang memiliki hipertensi adalah dengan pemeriksaan tekanan darah oleh tenaga kesehatan.

 Adanya hipertensi sering pula bersamaan dengan faktor lain yang meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kardiovaskular, seperti diabetes mellitus (sakit gula) dan dislipidemia (gangguan kadar kolesterol), sehingga pola makan harus benar-benar diperhatikan untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol.

Upayakan di saat lebaran, makan makanan rendah garam, rendah lemak, dan tinggi serat, misalnya dengan memperbanyak sayur, buah-buahan, produk susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan daging unggas.

Saat berkumpul bersama keluarga, hindari makanan yang digoreng. Lebih baik pilih yang dibakar, dikukus, atau direbus.Hindari juga makanan dengan kuah santan.

Gorengan dan santan merupakan sumber lemak jenuh dan juga menyebabkan darah menjadi lebih kental, sehingga dampaknya jantung memompa darah lebih berat.

Baca Juga: Membuat Ketupat Sendiri dengan Beras Pulen, Anti Gagal dan Anti Basi

Baca Juga: Fenomena Kalau Lapar Jadi Marah, Ternyata Ini Biang Keladinya

Hindari konsumsi berlebihan tipe makanan tinggi kalori, lemak jenuh, kolesterol, dan trans fat, seperti makanan dan minuman manis, daging merah, makanan olahan seperti mi instant, dan makanan beku lainnya yang banyak mengandung sodium dan vetsin.