Find Us On Social Media :

Ganti Nasi Putih Dengan Nasi Merah Saat Sahur, Puasa Bagi Penyintas Diabetes Jadi Nyaman

Penyandang diabetes sebaiknya mengganti nasi putih dengan nasi merah atau biji-bijian utuh yang lebih banyak mengandung serat dan nutrisi.

GridHEALTH.id - Penting bagi penyandang diabetes untuk tidak melewatkan sahur ketika sudah diperbolehkan menjalankan ibadah puasa oleh dokter.

Sahur merupakan bekal supaya umat muslim dapat kuat menjalankan aktivitas seharian sampai waktunya berbuka.

Saat sahur, penyandang diabetes disarankan tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks.

Demikian yang dikatakan Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endoktrin Metabolik dan Diabetes, dr. Dante Saksono Harbuwono.

Menurut Dante, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang dicerna lebih lambat dan membuat kenyang lebih lama, seperti nasi, roti, umbi-umbian.

"Sehingga jika dicerna dengan lambat akan masuk dengan lambat, sehingga mencegah hipoglikemia, menjaga kadar gula darah dalam waktu yang lama pada saat puasa," ujarnya.

Terkait asupan nasi, dilansir dari laman gridhype.id (3/3/2022), mengonsumsi nasi putih untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat pada penyandang diabetes memang diperbolehkan.

Dengan catatan dikonsumsi dengan porsi yang tidak banyak alias sama seperti porsi hari biasa.

Namun penyandang diabetes sebaiknya mengganti nasi putih dengan biji-bijian utuh yang lebih banyak mengandung serat dan nutrisi.

Baca Juga: Menu Sahur Sehat Penderita Migrain, Konsumsi Sayuran Hijau Diperbanyak

Misalnya saja penyandang diabetes bisa menyiapkan beras merah sebagai menu sahur.

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu memperlambat proses pencernaan.