Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 3 Manfaat Sahur bagi Yang Berpuasa

Sahur sebaiknya jangan dilewatkan karena memberi energi sepanjang hari.

GridHEALTH.id - Sahur termasuk dalam sunnah hukumnya dalam Islam, dimana jika dilakukan akan mendapatkan pahala, sedangkan jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.

Meski tidak harus dilakukan, sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak dokter dan ahli gizi menyarankan  untuk makan sebelum berpuasa, yaitu melakukan sahur.

Dikutip dari Voice of Islam, berikut manfaat sahur bagi kesehatan tubuh;

1. Sumber energi saat puasa

Makan saat sahur merupakan kesempatan terbaik untuk mengisi kembali energi saat berpuasa. Jangan lupa perhatikan asupan protein dan vitamin saat sahur agar selama berpuasa tubuh tetap segar dan bertenaga.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Agar terhindar dari penyakit maag, kita sangat disarankan untuk tidak melewatkan waktu makan.

Jika lambung dibiarkan kosong terlalu lama, bisa jadi asam lambung naik dan menyebabkan infeksi pada lambung yang menyebabkan maag.

Saat sahur, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak membuat perut kembung dan makan dengan porsi yang normal agar perut terhindar dari rasa kembung.

Baca Juga: Pasien Epilepsi Tidak Disarankan Berpuasa, Risiko Kejang Bakal Lebih Sering Terjadi

Baca Juga: Musimnya Berhemat, DIY Masker Bunga Mawar Bikin Wajah Jadi Mulus

Makanlah makanan yang kaya serat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Jika pencernaan terjaga, maka kita bisa lebih nyaman dengan puasa.