Find Us On Social Media :

7 Makanan Terbaik di Hari Lebaran Untuk Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Cokelat hitam mengandung polifenol dan flavanol, senyawa anti-inflamasi yang membantu melindungi jantung.

GridHEALTH.id - Fakta dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 50% kematian yang terjadi setiap tahun akibat penyakit jantung sebenarnya bisa dicegah.

Untuk menghindari penyakit jantung, selain merokok, empat penyebab utama lainnya yakni obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes, masing-masing dapat dihilangkan atau dikurangi secara dramatis dengan beberapa perubahan pola makan, penelitian menunjukkan.

Para ahli gizi di Universitas Emory di Atlanta, Amerika Serikat, telah mengidentifikasi makanan terbaik yang secara dramatis mengurangi risiko penyakit jantung, sekaligus menurunkan berat badan dan melindungi kita dari diabetes;

1. Cokelat Hitam

Satu studi sembilan tahun dalam jurnal Circulation Heart Failure menemukan wanita yang makan satu hingga dua porsi cokelat berkualitas tinggi per minggu memiliki risiko 32% lebih rendah terkena gagal jantung daripada mereka yang menolak kakao.

Para peneliti mengaitkan manfaat kesehatan kakao dengan polifenol dan flavanol, senyawa anti-inflamasi yang membantu melindungi jantung.

Cokelat hitam paling sehat mengandung 74% atau lebih padatan kakao, tetapi jika serius tentang jantung yang lebih sehat, jangan membeli apa pun di bawah 60%kakao.

2. Edamame

Kacang kedelai adalah camilan kapan saja yang enak karena merupakan sumber magnesium, folat, dan potasium yang sangat baik.

Baca Juga: Menu Lebaran Sehat Untuk Penyandang Kolesterol, Hindari Santan dan Jeroan

Baca Juga: Tekanan Darah Meningkat Saat Berdiri Dapat Menandakan Serangan Jantung dan Risiko Stroke di Masa Depan

Nutrisi ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung.