Find Us On Social Media :

Healthy Move, Cari Tahu Disini Apakah Kita Sudah Cukup Berolahraga

150 menit latihan intensitas sedang per minggu adalah jumlah olahraga yang dianggap cukup.

GridHEALTH.id - Benar kita sudah meluangkan waktu untuk berolahraga beberapa kali seminggu.

Atau mungkin sudah melakukan sedikit berkebun atau mengajak anjing jalan-jalan santai setiap hari. Apakah keduanya dihitung sebagai olahraga?

Inilah yang dikatakan JJ Rodriguez, ahli fisiologi latihan klinis di Houston Methodist, tentang berapa banyak yang disebut cukup untuk berolahraga.

"Untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari olahraga, Anda harus mencapai jumlah yang optimal,  yaitu setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang per minggu untuk orang dewasa atau sekitar 30 menit setiap hari," kata Rodriguez.

"Mendapatkan 150 menit olahraga intensitas sedang dalam seminggu adalah standar emas sejauh kesehatan optimal berjalan, tetapi olahraga apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali."

Apa yang dianggap sebagai latihan intensitas sedang? "Ketika kita berbicara tentang olahraga optimal yang memberikan manfaat kesehatan paling signifikan. Artinya terbukti mengurangi semua penyebab kematian.

Juga meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru dan memberikan manfaat metabolisme, termasuk menurunkan gula darah dan kolestero. Itulah yang disebut target olahraga intensitas sedang, " kata Rodriguez panjang lebar.

"Apa artinya itu? Aktivitas dan latihan yang meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan napas Anda untuk jangka waktu yang lama."Rentang detak jantung yang tepat yang harus dicapai seseorang, dan dipertahankan, agar dapat dihitung sebagai intensitas sedang bervariasi berdasarkan tingkat kebugaran dan usia.

Baca Juga: Healthy Move, Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Mengatasi Insomnia

Baca Juga: Pasien Penyakit Jantung Lebih Berisiko Menyandang Diabetes, Studi

Tetapi, secara umum, cobalah untuk mempertahankan kecepatan yang nyaman yang membutuhkan pernapasan lebih dalam tetapi tetap memungkinkan untuk bercakap-cakap."Teknologi dalam pelacak kebugaran sangat membantu dalam pelacakan latihan," jelas Rodriguez.

"Setiap merek mendefinisikan olahraga sedikit berbeda, tetapi mereka semua pada dasarnya melakukan hal yang sama,  memantau gerakan Anda dan memberi Anda bonus olahraga untuk waktu yang Anda habiskan untuk melakukan hal-hal yang meningkatkan detak jantung Anda."Contoh latihan intensitas sedang meliputi jalan cepat, joging atau lari, renang, naik sepeda, menari dan lintas alam.  Tapi bisa juga spontan, seperti menaiki tangga atau berlari cepat untuk mengejar bus.