Find Us On Social Media :

Healthy Move, Tabata Latihan Favorit Untuk Menurunkan Berat Badan

Tabata adalah jenis pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT/high-intensity interval training)

GridHEALTH.id - Jika bosan dengan latihan yang itu-itu saja, ditambah timbangan mentok di angka tertentu sulit turun lagi, coba latihan Tabata.

Latihan Tabata adalah cara yang efisien waktu untuk membentuk tubuh dan bisa membantu mencapai tujuan penurunan berat badan kita.

Menurut Klinik Cleveland, Tabata adalah jenis pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT/high-intensity interval training) yang melibatkan latihan yang lebih cepat dan lebih ketat.

Rutin melakukan latihan Tabata akan membantu kita membentuk tubuh yang ramping. "Latihan Tabata bermanfaat, karena efisien waktu, membutuhkan sedikit atau tanpa peralatan.

Tabata dengan cepat meningkatkan detak jantung ,meningkatkan metabolisme dan daya tahan, dan membentuk otot tanpa lemak," kata Jacquie Smith, pelatih kesehatan nutrisi integratif bersertifikat dan instruktur kebugaran di Cleveland yang mendefinisikan Tabata sebagai semacam latihan HIIT, tetapi sedikit lebih intens.

"Latihan ini sangat efektif, karena setiap putaran Tabata hanya 4 menit—8 putaran 20 detik latihan intensitas tinggi diikuti dengan 10 detik istirahat," katanya kepada kami.

Ini adalah komitmen yang mudah untuk memulai, dan dapat bekerja dengan baik dengan sebagian besar jadwa.

Menurut Smith, rencana tipikal adalah melakukan satu latihan setiap putaran, dengan setiap latihan berlangsung maksimal 20 menit.

"Tadalah latihan yang bagus untuk menurunkan berat badan, karena jenis gerakan ini dianggap sebagai latihan anaerobik, yang memungkinkan kita membakar lebih banyak kalori selama dan setelah latihan," menurut Smith.

Baca Juga: Healthy Move, Cari Tahu Disini Apakah Kita Sudah Cukup Berolahraga

Baca Juga: Mengenal 2 Jenis Inkontinensia yang Sering Menyerang Wanita Seiring Bertambahnya Umur dan Cara Pengobatannya

Namun, dia memperingatkan wanita untuk hanya melakukan latihan Tabata selama ovulasi atau fase folikular dari siklus bulanan.