Find Us On Social Media :

Healthy Move, 4 Jenis Olahraga Bantu Penyandang Diabetes Kontrol Gula Darah

Olahraga jalan cepat dapat menurunkan glukosa yang tinggi.

GridHEALTH.id – Olahraga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi penyandang diabetes. Tak hanya menurunkan level stres, tapi juga kadar gula darah yang tinggi.

Dilansir dari American Diabetes Association (ADA), terdapat dua cara olahraga mempengaruhi kadar gula darah penyandang diabetes.

* Sensitivitas insulin meningkat, sehingga sel-sel otot menjadi lebih mampu menggunakan insulin yang tersedia untuk mengambil glukosa selama dan setelah aktivitas.

* Saat otot berkontraksi selama olahraga, sel-sel di tubuh dapat mengambil glukosa dan menggunakannya untuk energi.

Dengan dua cara tersebut, olahraga bisa membantu penyandang diabetes menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam waktu singkat.

Adapun jenis olahraga yang bermanfaat untuk bantu mengontrol gula darah adalah seperti berikut ini, dilansir dari Cleveland Clinic.

1. Jalan cepat

Jalan cepat merupakan olahraga ringan yang paling direkomendasikan, karena bisa dilakukan di mana saja. Lakukan jalan cepat selama 30 menit, lima kali seminggu untuk meningkatkan aktivitas fisik.

Jika terasa berat melakukan 30 menit sekaligus, bisa dibagi menjadi 10 menit per sesi dan jalan cepat dilakukan tiga kali sehari.

Baca Juga: Diabetes dapat Pengaruhi Perilaku Anak, Ini yang Bisa Dilakukan Orangtua

2. Tai Chi

Olahraga tradisional China ini menggunakan gerakan tubuh yang lambat dan halus, sehingga membantu pikiran serta tubuh rileks.