Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ketika Berlatih di Gym Orang Sering Melupakan Latihan Kardio, Padahal Ini Manfaatnya

Latihan kardio jangan dilupakan saat berlatih di gym.

GridHEALTH.id - Latihan kardio adalah favorit bagi sebagian orang dan mimpi buruk bagi banyak orang karena dapat melelahkan dan intens pada saat yang sama.

Hal ini terjadi juga di gym atau pusat kebugaran. Sebuah studi di India pada 2018 mengungkap bahwa selama di gym, orang cenderung berpusat pada latihan dengan alat, lupa bahwa kardio juga harus dilakukan.

Padahal, latihan kekuatan saja (dengan alat) dan melupakan kardio hanya dapat membakar sejumlah kalori kecuali jika seseorang bergantung pada beberapa bentuk resistensi atau menambah bobot.

Kita perlu melakukan secara teratur, memadukan latihan kardio dan latihan kekuatan juga keseimbangan (lewat alat).

Contoh latihan kardio di gym adalah menaiki step machine, jalan cepat atau berlari di treadmill, bersepeda statis, dan melakukan latihan tendang-jongkok.

Baca Juga: Healthy Move, Tak Perlu Lompat, Latihan Kardio Ini Bisa Tetap Membakar Kalori

Baca Juga: WHO Dituding Tidak Adil Dalam Penanganan Cacar Monyet, Baru Heboh Vaksin dan Obat-obatan Setelah Muncul di Eropa

Untuk jenis yang terakhir, yaitu tendang-jongkok, kita mendapat dua manfaat sekaligus. Latihan kardio yang memperkuat jantung, dan memperkuat otot tubuh bagian bawah.

Manfaat kesehatan dari melakukan latihan kardio dalam rutinitasnya ialah membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan sambil memberikan tubuh bagian atas cardio flush.

Apa manfaat kesehatan dari latihan kardio? Latihan kardio sebagian besar adalah latihan tanpa peralatan yang bekerja pada kesehatan jantung, otak, dan sendi.

Manfaat latihan kardio dalam rutinitas berolahraga, dikutip dari prevention.com adalah;

- Menguatkan jantung dan pembuluh darah