Find Us On Social Media :

Minum Kopi Tiap Hari Bikin Panjang Umur, Perlu Berapa Banyak?

Minum kopi dapat memperpanjang usia.

GridHEALTH.idKopi menjadi minuman favorit banyak orang, bisa dikonsumsi saat pagi hari atau ketika sedang nongkrong dengan orang-orang terdekat.

Selain karena rasanya yang lezat, banyak orang yang menyukai kopi karena dapat meningkatkan konsentrasi.

Sebuah hasil penelitian terbaru ini, mungkin akan menambah alasan untuk mengonsumsi kopi. Minum kopi disebut dapat mengurangi risiko kematian dini.

Sebelumnya, kebiasaan minum kopi juga dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kronis, seperti gangguan ginjal hingga demensia.

Nah belum lama ini, para peneliti asal China menemukan bahwa minum kopi secara sedang setiap hari, bisa memperpanjang umur selama tujuh tahun.

Manfaat tersebut bisa diperoleh dari jenis kopi manis dengan gula ataupun tidak ditambahkan gula sama sekali.

Hasil serupa juga ditemukan dalam kopi instan, bubuk, dan decaff yang berarti tidak atau hanya mengandung sedikit kafein.

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine, pada akhir Mei 2022.

Para peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan lebih dari 171.000 data peserta UK BioBank.

Baca Juga: Kopi dan Kolesterol, Espresso Buruk Untuk Pria, Wanita Hindari Kopi Tubruk

UK BioBank merupakan lembaga yang menyediakan data mengenai informasi genetik, gaya hidup, dan kesehatan lebih dari 500.000 orang sejak 2006. Salah satu data yang dimiliki adalah rincian kebiasaan minum kopi.

Peneliti yang melakukan studi ini, menggunakan data dari sertifikat kematian untuk melacak peserta selama periode rata-rata tujuh tahun dari 2009, di mana ada 3.177 orang yang meninggal.