Find Us On Social Media :

Jika Terpaksa Harus Begadang, Ini Cara 'Sehat' Untuk Melakukannya

Bila kerja lembur malam, lakukan hal-hal tertentu agar tetap sehat.

GridHEALTH.id -Tubuh manusia diprogram untuk tidur di malam hari dan terjaga di siang hari. Orang yang cenderung begadang lebih berisiko terkena diabetes, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, meski begadang terkadang buruk, itu tidak bisa dihindari.

Jika terpaksa harus begadang, inilah cara 'sehat' untuk melakukannya;

1. Menabung tidur

Tidur siang 15 sampai 20 menit di siang hari dapat mengisi ulang energi kita dan membantu tetap terjaga di malam hari.

"Sebelum Anda begadang, tidurlah sembilan jam setiap malam selama seminggu dan simpanlah waktu tidur yang cukup," kata Christopher Drake, PhD, peneliti tidur dan profesor di School of Medicine di Wayne State University di Detroit, AS.

Ingat, jika tidur siang sepanjang malam, kita mungkin tidak akan bangun sampai pagi.

2. Menambah cahaya pada pada penerangan

Penelitian telah membuktikan bahwa lampu membuat kita tetap terjaga. Hal ini mirip dengan ketika tubuh  memproduksi vitamin D di bawah sinar matahari di pagi hari.

Tubuh memproduksi melatonin atau hormon tidur saat ruangan dalam kondisi minim cahaya dan inilah yang membuat kita merasa mengantuk di malam hari.

Baca Juga: Risiko Stroke dan Kematian Dini Mengintip Mereka yang Suka Begadang

Baca Juga: Viral Video Gay Bermesraan di Kafe Wow Jakarta Selatan Hingga Disegel, Ini 6 Penyakit Berisiko Menghampiri Kelompok LGBT, Infeksi Menular Seksual Hingga Gangguan Mental

Kita dapat memalsukan tubuh untuk sementara waktu dengan berpikir bahwa ini belum waktunya untuk tidur dengan menyalakan lampu. Cahaya memiliki efek yang kuat pada jam tubuh internal.