Find Us On Social Media :

Konsumsi Makanan Organik Apakah Lebih Baik Untuk Tubuh? Ini Faktanya!

label makanan organik

GridHEALTH.id - Selama dua dekade terakhir muncul sebuah istilah yang dikenal dengan nama makanan organik.

Jenis makanan ini menjadi populer di mana-mana, dengan anggapan lebih sehat dan aman dibandingkan makanan biasanya, ada pula yang menyebut makanan organik lebih baik untuk lingkungan dan hewan.

Lalu sebenarnya bagaimana kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan organik, benarkah lebih sehat dan aman?

Makanan organik sendiri memiliki definisi sebagai makanan yang ditanam dan diproduksi dengan tanpa menggunakan bahan kimia buatan ataupun zat lainnya, seperti tambahan hormon, antibiotik, transgenik pada hewan dan pada tumbuhan menggunakan pupuk alami.

Label organik diberikan kepada produk makanan yang telah dinyatakan bebas dari bahan tambahan pangan buatan, termasuk pemanis buatan, pengawet, penyedap, pewarna, dan juga MSG.

Pertanian organik berfokus pada peningkatan kualitas tanah dan konservasi air tanah, sehingga muncul anggapan lebih baik untuk lingkungan dengan cara mengurangi polusi.

Terdapat banyak penelitian mengenai kandungan nutrisi dalam makanan organik dan hasilnya sangat beragam, beberapa membuktikan bahwa makanan organik lebih bergizi dengan kandungannya antara lain:

- Kaya akan vitamin dan antioksidan (senyawa yang dihasilkan alamiah dari tanaman tanpa bantuan pestisida kimia)

- Sedikit mengandung nitrat, hal ini penting karena kandungan yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kanker tertentu.

Baca Juga: Serba Serbi Makanan Organik, Siapa Sangka Ada Konsekwensinya yang Ironisnya Kerap Terabaikan

 - Lebih banyak mineral yang terkandung di dalamnya.

Sedangkan pada produk susu dan daging menunjukkan lebih banyak asam lemak Omega-3.