Find Us On Social Media :

Perubahan Pada Tubuh, Ini yang Terjadi Ketika Proses Menua Dimulai

Seiring bertambahnya usia, organ tubuh juga mulai menurun fungsinya.

GridHEALTH.id - Semua organ vital mulai kehilangan beberapa fungsi seiring bertambahnya usia. Perubahan penuaan terjadi di semua sel, jaringan, dan organ tubuh, dan perubahan ini mempengaruhi fungsi semua sistem tubuh.

Jaringan hidup tersusun atas sel-sel. Ada banyak jenis sel yang berbeda, tetapi semuanya memiliki struktur dasar yang sama.

Jaringan adalah lapisan sel serupa yang melakukan fungsi tertentu. Berbagai jenis jaringan berkumpul untuk membentuk organ.

Ada empat tipe dasar jaringan:

1. Jaringan ikat mendukung jaringan lain dan mengikat mereka bersama-sama. Ini termasuk jaringan tulang, darah, dan getah bening, serta jaringan yang memberi dukungan dan struktur pada kulit dan organ dalam.

2. Jaringan epitel menyediakan penutup untuk lapisan tubuh yang dangkal dan lebih dalam. Kulit dan lapisan saluran di dalam tubuh, seperti sistem pencernaan, terbuat dari jaringan epitel.

3. Jaringan otot mencakup tiga jenis jaringan:

Otot lurik, seperti otot yang menggerakkan rangka (juga disebut otot volunter) Otot polos (juga disebut otot tak sadar), seperti otot yang terdapat di perut dan organ dalam lainnya seperti rahim wanita

Otot jantung, yang membentuk sebagian besar dinding jantung (juga merupakan otot tak sadar)

4. Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf (neuron) dan digunakan untuk membawa pesan ke dan dari berbagai bagian tubuh. Otak, sumsum tulang belakang, dan saraf tepi terbuat dari jaringan saraf.

Baca Juga: Semakin Tua Semakin Susah Konsentrasi, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Saat Pandemi Covid-19, Meningkatkan Imunitas Tubuh