Find Us On Social Media :

Kutil Kelamin Tidak Segera Ditangani Bisa Berujung Pada Kanker

Kutil kelamin tidak segera diobati dapat berisiko pada munculnya penyakit kanker.

GridHEALTH.id - Kutil kelamin adalah pertumbuhan lunak pada kulit dan selaput lendir alat kelamin. Mereka dapat ditemukan di penis, vulva, uretra, vagina, leher rahim, dan di sekitar dan di anus.Virus penyebab kutil kelamin disebut human papillomavirus (HPV). Infeksi HPV adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Ada lebih dari 180 jenis HPV. Banyak yang tidak menimbulkan masalah.

Beberapa menyebabkan kutil pada bagian lain dari tubuh dan bukan pada alat kelamin. Tipe 6 dan 11 paling sering dikaitkan dengan kutil kelamin.Jenis HPV tertentu lainnya dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks, atau kanker serviks. Ini disebut jenis HPV risiko tinggi.

Mereka juga dapat menyebabkan kanker vagina atau vulva, kanker dubur, dan kanker tenggorokan atau mulut.

Kita lebih mungkin terkena kutil kelamin dan menyebarkannya lebih cepat jika memiliki banyak pasangan seksual, aktif secara seksual di usia dini, merokok, memiliki infeksi virus, seperti herpes, dan stres pada saat yang sama, sedang hamil dan memiliki sistem kekebalan yang lemah karena suatu kondisi seperti diabetes, kehamilan, HIV/AIDS, atau dari obat-obatanKutil kelamin bisa sangat kecil, dan dapat terlihat seperti bintik-bintik berwarna daging yang terangkat atau rata.

Pada wanita, kutil kelamin dapat ditemukan di dalam vagina atau anus, di luar vagina atau anus, atau di kulit terdekat dan di leher rahim di dalam tubuh.

Pada pria, kutil kelamin dapat ditemukan di penis, skrotum, daerah selangkangan, paha, di dalam atau di sekitar anus.

Baca Juga: Simak Fakta Tentang Kutil Kelamin, Jangan Coba-coba Obati Sendiri

Baca Juga: Berapa Banyak Karbohidrat yang Kita Butuhkan Setiap Hari? Begini Cara Menghitungnya

Kutil kelamin juga dapat terjadi pada bibir, mulut, lidah dan tenggorokan.

Gejala lain jarang terjadi, tetapi dapat meliputi peningkatan kelembaban di area genital dekat kutil, peningkatan keputihan, gatal kelamin dan pendarahan vagina selama atau setelah berhubungan seks.

Dokter Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia dalam sambutannya pada acara  Virtual Media Briefing “Kupas tuntas Genital Warts pada perempuan” (15/06/2022) mengatakan, "Sesuai dengan misi kami, sebagai Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin, maka tentunya Genital Warts atau kutil kelamin akan menjadi perhatian khusus kami. Apalagi insiden kasus genital warts menjadi salah satu penyakit IMS yang paling sering ditemukan di Klinik Pramudia.

Sehingga Klinik Pramudia sangat berpengalaman dalam menangani kasus Genital Warts ataukutil kelamin bagi pasien yang membutuhkan.