Find Us On Social Media :

Sudah Tahukah Perbedaan Bahkan Persamaan Kondom Wanita dan Pria?

Perbedaan antara kondom wanita dan kondom pria yang dapat mencegah kehamilan dan risiko infeksi penyakit menular seks.

GridHEALTH.id - Selama ini, banyak orang hanya mengenal penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi populer untuk pria, namun saat ini sudah mulai populer juga penggunaan kondom untuk wanita.

Bagi pasangan yang ingin mencegah kehamilan dengan cara mudah dan praktis bisa mencoba kedua jenis kontrasepsi ini.

Kondom pada dasarnya menjadi alat kontrasepsi yang mencegah kehamilan dengan cara menghalangi sel sperma masuk ke dalam rahim agar tidak terjadi pembuahan.

Kondom wanita maupun kondom pria sangat efektif dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. 

Baik kondom wanita maupun kondom pria, keduanya merupakan produk sekali pakai dan saat akan menggunakannya hanya bisa menggunakan salah satu saja, kondom wanita dan kondom pria tidak bisa digunakan bersamaan.

Berikut ini beberapa perbedaan yang mendasari antara kondom wanita dan kondom pria.

Kondom Wanita

Kondom wanita dimasukkan ke dalam vagina sebagai bahan pelapis atau kantong buatan, bentuknya seperti kantong yang memiliki dua ujung, di mana ujung satunya terbuka dan ujung lainnya tertutup.

Kedua ujung dari kantong ini memiliki cincin kaku yang fleksibel di ujungnya untuk membantu menjaga kondom wanita tetap di tempatnya setelah dimasukkan ke dalam vagina.

Biasanya terbuat dari poliuretan atau polimer nitril yang merupakan karet sintetis, berbahan tipis dan lembut, selain itu kondom wanita selalu siap pakai karena tidak terpengaruh oleh suhu dan kelembapan.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dicermati dalam Memilih Kondom Sebelum Dibeli

 Kondom wanita dikatakan dapat mencegah atau mengurangi risiko infeksi seksual menular, namun tidak seefektif penggunaan dari kondom pada pria, karena tetap adanya cairan tubuh yang memungkinkan untuk saling bercampur.