Find Us On Social Media :

Healthy Move, 3 Latihan untuk Memperkuat Fleksor Pinggul

Latihan fleksor pinggul mengurangi risiko cedera.

GridHEALTH.id - Memperkuat fleksor pinggul dapat membantu mengurangi nyeri pinggul dan punggung bawah.Fleksor pinggul adalah otot yang mendekatkan lutut ke dada. Yang paling penting adalah paha depan dan iliopsoas, dan mereka terletak di depan pinggul dan paha. Otot lain juga membantu melenturkan pinggul, meskipun itu bukan fungsi utamanya, seperti adduktor dan abduktor pinggul.Oleh karena itu, memperkuat fleksor pinggul  juga melatih otot-otot lain, sehingga meningkatkan kesehatan tulang belakang bagian bawah, pinggul, dan lutut.

Mengapa fleksor pinggul harus dilatih?

- Mengurangi kemungkinan cedera pada pelari, atlet, dan orang yang aktif. Kelemahan fleksor pinggul dan abduktor telah terbukti meningkatkan risiko cedera.

- Mencegah munculnya ketidaknyamanan punggung atau pinggul. Bekerja dengan duduk sepanjang hari cenderung melemahkan fleksor pinggul, karena kita tidak menggunakannya dalam posisi itu. Ini melemahkan mereka dalam jangka panjang, meningkatkan kemungkinan nyeri punggung bawah dan pinggul.

- Mengobati sakit pinggang, pinggang, dan lutut. Pada orang dengan nyeri pada persendian ini, memperkuat fleksor pinggul dapat mengurangi gejala.Pada beberapa orang, meregangkan otot-otot ini adalah solusi sementara untuk masalah yang lebih besar.

Masalah di balik ketegangan otot dan kurangnya fleksibilitas adalah kelemahan otot. Jika tujuan adalah mengurangi rasa sakit, cobalah melakukan peregangan dan penguatan.

Baca Juga: Healthy Move, Satu Pose Yoga Untuk Kuatkan Panggul dan Keseimbangan

Baca Juga: Abses Peritonsil, Radang Amandel yang Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak

Jika hal ini terjadi pada, cobalah satu minggu hanya untuk meregangkan fleksor pinggul  dan satu minggu lagi hanya untuk memperkuat.

Kemudian, bandingkan hasilnya. Tetap dengan apa yang memberi kita manfaat paling banyak, atau coba kombinasi keduanya.

Kapan harus memperkuat fleksor pinggul?

- Jika merasakan ketegangan atau kompresi di bagian depan pinggul.